Jumat, 07 Oktober 2016

#SIP_Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

            Ada yang tau ngga arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia itu apa sih ? Naaaaah.... kebetulan bangeeeet nih, kali ini saya akan membahas apa itu  arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia. Kita bahas satu-satu duluuu yak biar ngga mules... eh pusing wkwkwk...sa ae dasar kodok.
            Di zaman yang terus berkembang saat ini tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi sangatlah pesat sehingga bukan hal yang tidak mungkin apabila dua bidang yaitu IT dengan psikologi saling keterkaitan. Dalam hal membuat suatu terobosan baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan atau terbayakan akan tetapi buktinya seperti contoh halnya yang akan saya bahas kali ini mengenai arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia.

1. Arsitektur Komputer
            Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer sendiri mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dan lain-lainnya.

2. Struktur Kognisi Manusia
            Sebelum membahas apa itu struktur kognisi manusia? ada baiknya kalau kita mengartikan kata struktur dan kognisi terlebih dahulu untuk mempermudah kita dalam memahaminya. Menurut Prof. Benny H. Hoed (dalam Ekky, 2012) struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan, sedangkan kognitif, Menurut Drever (Solihin, 2012) disebutkan bahwa ”kognisi adalah istilah umum yang mencakup segenap model pemahaman, yakni persepsi, imajinasi, penangkapan makna, penialain, dan penalaran”. Dan Menurut Chaplin (2002) dikatakan bahwa “kognisi adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk mengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga dan menilai”.

3. Hubungan Arsitektur Komputer dengan Struktur Kognisi Manusia
            Jadi dapat disimpulkan antara arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia bahwa struktur kognitif manusia itu proses-proses mental atau berpikir yang terjadi pada diri manusia itu sendiri, dimana manusia memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sedangkan arsitektur komputer yang menciptakan adalah manusia, manusialah yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer tersebut maka komputer akan menjalankan sesuai dengan yang diperintahkan manusia saja. Tujuan arsitektur komputer dibuat untuk memudahkan manusia dalam menggunakan komputer. Hal ini terkait dengan proses koginif manusia dalam mengingat informasi sehingga jika dipersatukan, maka akan timbul suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan di keduanya.

4. Perbedaan antara arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia
     Kelebihan dan kekurangan dari arsitektur komputer, yaitu :
·         Kelebihan:
1.         Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2.         Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3.         Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4.      Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
·         Kekurangan:
1.  Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk  menyimpannya
2.         Harganya sangat mahal
3.         Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4.         Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
·         Kelebihan :
1.         Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2.         Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3.         Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
·         Kekurangan :
1.         Membutuhkan waktu yang cukup lama
2.  Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung  individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka

Sumber :
Anonim. (2011). Kognisi sepanjang masa kehidupan.            http://psikology09b.blogspot.com/2011/05/kognisi-sepanjang-masa-kehidupan.html. Diakses tanggal 26 september 2013.

Purnomo, A. (2012). Hubungan arsitektur komputer dan kognisi manusia.             http://4jipurnomo.wordpress.com/hubungan-arsitektur-komputer-dan-kognisi-manusia/. Diakses tanggal 07 Oktober 2016.

Purwoko, P. H. (2011). Pengenalan teknologi informatika. http://xprashp-   notes.blogspot.com/2011/02/pengenalan-teknologi-informasi-b-ku1072.html. Diakses tanggal 07 Oktober 2016.

Solihin, N. (2010). http://pendidikan-info.blogspot.com/2010/01/pendekatan-pendidikan-  menurut-paham.html. Diakses tanggal 07 Oktober 2016.

Suryani, A. I. (2010). Hubungan arsitektur komputer dan kognisi    manusia.             http://adeirmasuryani.wordpress.com/2012/10/07/hubungan-arsitektur-komputer-dan-kognisi manusia/. Diakses tanggal 07 Oktober 2016.


Wulandari, N. (2012). Analisa perbedaan struktur kognitif manusia dan      komputer.             http://ninambel89.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognitif.html. Diakses tanggal 07 Oktober 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar