Jumat, 07 Oktober 2016

#SIP_Pengertian Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

Pengertian Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

    Informasi adalah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi juga dapat didefinisikan sebagai data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang. Sedangkan “Sistem Informasi Psikologi” adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian. Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, dalam hal ini umumnya komputer (komputerisasi alat tes psikologi).
Description: http://4.bp.blogspot.com/-sVOY8G5noHg/UlbJBOfkUVI/AAAAAAAAANY/GM4stalcX2c/s320/psychologybanner.jpg

Komponen sistem informasi  :
1. Hardware (perangkat keras).
2. Software (perangkat lunak).
3. Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data untuk menghasilkan output.
4. Basisdata : suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan proses pencarian informasi.
5. Jaringan komputer dan komunikasi data.
6. Brainware

Fungsi dari sistem informasi
           
    Sistem informasi memiliki banyak peranan dalam suatu organisasi/institusi/perusahaan diantaranya adalah : turut serta dalam pelaksanaan tugas rutin: mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam sistem; mengkoordinasikan subsistem-subsistem; dan mengintegrasikan subsistem-subsistem yang ada. Selain mempunyai banyak peranan sistem informasi juga mempunyai kemampuan yang dimiliki diharapkan dapat meningkat produktivitas, mengurangi biaya-biaya tertentu, meningkatkan servis terhadap konsumen, dan peningkatan dalam pengambilan keputusan.

Fungsi dari sistem informasi psikologi

    Contoh nyata dari pengaplikasian sistem informasi psikologi dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, sistem informasi psikologi yang seperti ini membuat proses yang lebih efektif serta efisien.

Sumber :
Ahmadi, H. & Abu. (2009). Psikologi umum. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Basuki, A. M. & Heru. (2008). Psikologi umum. Depok : Universitas Gunadarma.

Gaol, C. J. (2008). Sistem informasi manajemen pemahaman dan aplikasi. Bogor : PT  Grasindo.

Kusrini & Koniyo, A. (2007). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akutansi dengan      visual basic & microsoft sql server. Yogyakarta : C.V. Andi Offset.

Maryono, Y. & Istiana, B. P. (2006). Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta : Yudhistira.

Maryono, Y. & Istiana, B. P. (2008). Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Yudhistira.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar